Jumat, 27 April 2012

Word Class University

Universitas Negeri Yogyakarta
menuju
Word Class University (WCU)

Oleh : Yollanda Vusvita Sari

Globalisasi adalah sebuah fenomena mendunia yang sadar atau tidak sudah masuk ke negara kita (Indonesia) dan kita tidak bisa menghindarinya. Konsekuensi dari adanya globalisasi yaitu munculnya kompetisi yang menuntut setiap individu maupun lembaga untuk siap bersaing dengan individu maupun lembaga di belahan dunia lain, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Hal ini menuntut institusi- institusi pendidikan di Indonesia, termasuk Perguruan Tinggi, melakukan proses internasionalisasi agar tak hanya mentok mendapatkan akreditasi bertaraf lokal atau nasional, tapi juga taraf internasional. Oleh sebab itulah perguruan tinggi harus berlomba-lomba untuk menjadi Word Class University untuk bisa  bersaing dengan perguruan tinggi dari berbagai negara.

Word Class University merupakan tujuan dari beberapa universitas di Indonesia yang akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan. Beberapa universitas tersebut, tak terkecuali UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) sedang gencar-gencarnya melakukan usaha untuk meraih  predikat universitas kelas dunia. Hal ini dapat dilihat dari upaya UNY melakukan berbagai kegiatan,mulai dari studi banding ke luar negeri, menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri, menyelenggarakan kelas internasional di beberapa fakultas, mengadakan berbagai seminar dan workshop, dan sebagainya. Selain itu, dengan UNY menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan telah memperoleh International Organization for Standarization (ISO) 9001:2000  peningkatan layanan UNY menjadi sebuah keniscayaan karena  BLU dan ISO berjalan seiring, sama-sama memiliki standar layanan yang harus dipenuhi. Dalam Pasal 1 UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, dijelaskan bahwa Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas . Instansi yang bersangkutan diberikan kebebasan dalam mengelola keuangan tanpa campur tangan pemerintah.

Dengan mengubah sistem keungan menjadi BLU, PTN bisa mengelola keuangan sendiri, namun manajemennya tetap PTN. BLU sebagai alat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui penerapan manajemen keuangan berbasis pada hasil. Badan ini bukanlah sarana untuk mengejar fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan, sehinga instansi dapat memberikan barang atau jasa pada masyarakat dengan kualitas dan layanan yang baik dengan harga terjangkau. Sedangkan International Organization for Standarization (ISO-9001) merupakan suatu standar internasional untuk sistem manjemen terpadu/kualitas, serta menekankan pentingnya peningkatan kualitas dari suatu lembaga tertentu. Dengan begitu diharapkan produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasinal, akan berkualitas baik ( memenuhi standar).  Dengan di terapkanya BLU dan ISO di UNY membuat UNY semakin mantap melangkah go international.

Lantas pertanyaannya adalah, apakah UNY telah benar-benar siap menjadi World Class University? Yang pasti WCU bukan  hanya sekedar penggunaan Bahasa Inggris dalam proses belajar-mengajar di kelas, karena hal ini tidaklah tepat. Ada banyak parameter yang digunakan untuk menjadi sebuah World Class University seperti jumlah tenaga pengajar yang berkompeten, pembaharauan dan revisi sistem-sistem yang berbasis lokal, fasilitas IT, gedung perkuliahan, keterlibatan mahasiswa asing yang belajar di universitas tersebut dll.  Tentuya obsesi UNY untuk menjadi Word Class Universisy harus di imbangi dengan potensi yang ada, yaitu dengan memberdayakan segenap sumber daya dan sistem yang ada secara maksimal serta perlu adanya pembaruan dan revisi baik sumber daya manusia maupun sistem-sistem yang berbasis lokal , misal : mahasiswa, dosen dan profesor mampu melakukan penelitian-penelitian yang bertaraf internasional, pembaharuan peraturan-peraturan kearah wacana internasional, dll. Ketika semua dapat berjalan dengan maksimal dan totalitas maka Word Class University bukan hanya impian tapi akan menjadi kenyataan. Wallahu a’lam